Membahas soal digital marketing pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Tapi kadang kalian pernah bingung ga, mau belajar digital marketing dimana? Tenang ga usah khawatir Dapapedia hadir untuk memberikan kamu edukasi mengenai Digital Marketing, dari pemula sampai expert. Eitss...yang pertama pasti kamu perlu nih belajar teknik lengkap digital marketing untuk pemula. Simak penjelasan berikut !
Search Engine Optimization $($SEO$)$
Sobat Cuan pasti sudah tidak asing dengan namanya SEO. Atau lebih tepatnya Search Engine Optimization yang berarti optimasi mesin pencarian. SEO merupakan kegiatan meningkatkan kualitas dan kuantitas daya tarik website kamu dengan mesin pencari organik, seperti Google, Bing, dll. Strategi SEO yang bagus akan membuat website kamu berada di halaman pertama mesin pencarian. Ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan, antara lain :
- Memasang keyword yang relevan
- Struktur navigasi website yang mudah
- Menulis informasi yang berkualitas
- Menggunakan struktur kontan yang baik $($seperti H1, H2, H3$)$
SEO dikatakan berhasil jika website kamu bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Karena pengunjung / viewer website kamu menjadi mudah untuk mencari informasi. SEO juga berkaitan dengan pemasaran digital lainnya, seperti email marketing dan content marketing.
Search Engine Marketing
SEM $($Search Engine Marketing$)$ merupakan strategi marketing berbayar untuk meningkatkan website kamu di rank page pertama mesin pencarian. Bisa dibilang SEM adalah kampanye iklan berbayar untuk meningkatkan traffic google secara instan. SEM ini menggunakan keyword yang relevan yang kamu gunakan di website, misal bisnis, pendidikan, produk atau yang lain. Cara kerja SEM adalah ketika ada orang mengetikkan keyword yang relevan pada mesin pencarian, nanti secara otomatis website kamu akan berada di rank pertama mesin pencari. Orang lain bisa dengan cepat menemukan dan klik website kamu. Manfaat SEM adalah sebagai berikut :
- Dapat meningkatkan Conversion Rate / Pengalaman pengunjung website
- Lebih cepat dari pada SEO
- Dapat menentukan target audience
- Tidak perlu biaya banyak
SEM berbeda dengan SEO, SEM membutuhkan biaya untuk memasang iklan, namun jangan khawatir SEM dapat menghasilkan lebih cepat dari pada SEO dengan biaya kecil dalam meningkatkan pagerank website kamu. Kampanye SEM terbukti cukup efektif dan banyak digunakan oleh website besar.
Email Marketing
Email marketing adalah teknik pemasaran digital yang paling ampuh untuk mendapatkan keuntungan. Menurut penelitian dari Campaign Monitor, setiap 1 dolar biaya untuk email marketing bisa menghasilkan 38 dolar keuntungan penjualan dari situ. Email marketing adalah strategi yang efektif untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen. Kampanye email marketing dapat memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu secara target kepada email penerima. Kita bisa menjangkau banyak orang dengan tepat waktu untuk membantu customer dalam membuat keputusan. Email marketing bisa dengan cara penawaran produk, memberikan informasi produk, dan informasi lainnya.
Content Marketing
Content marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan media dan pembuatan konten kepada customer. Content marketing ini bisa menarik perhatian banyak orang karena keunikannya. Biasanya banyak orang yang suka membuat content terunik untuk menjadi viral. Menurut Content Marketing Institute, Content marketing adalah teknik pemasaran untuk membuat dan membagikan konten yang relevan dan unik untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan audiens yang jelas serta mendorong tindakan audiens yang menguntungkan. Strategi content marketing ini banyak digunakan oleh orang dalam memasarkan produk barang atau jasa yang dimiliki.
Social Media Marketing
Social media marketing adalah pemasaran yang melibatkan penggunaan platform social media sebagai saluran untuk menjangkau audiens secara luas. Platform social media yang popular di masyarakat adalah facebook, Instagram, twitter, whatsapp, dll. Dengan social media kamu bisa menumbuhkan audiens pengikut organik secara aktif. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dan meminta feedback kepada audiens. Sebagian besar bisnis saat ini pasti menggunakan social media untuk melakukan pemasaran. Social media dirasa sangat optimal untuk menjangkau audiens secara luas. Kamu bisa membuat konten menarik seperti postingan gambar dan video di social media kamu untuk menarik perhatian audiens.
Digital Advertising
Digital Advertising atau Iklan digital adalah sebutan untuk Iklan Berbayar. Strategi marketing ini menggunakan layanan iklan berbayar untuk menjangkau audiens secara luas. Dengan Digital Advertising kamu bisa menjangkau target yang ingin kamu tuju dengan mudah. Biasanya platform yang digunakan adalah Google $($Adwords$)$, Situs Web, Facebook, LinkedIn, dll. Menurut penelitian Parse.ly, Digital Advertising Facebook dan Google menjadi urutan teratas dengan total 80 persen lalu lintas rujukan. Iklan Facebook dan Google biasanya disebut sebagai iklan bayar per klik $($PPC$)$ yang artinya membayar biaya iklan setiap kali iklan kamu di klik audiens. Kelebihan dari Digital Advertising adalah kemampuan untuk pemasaran ulang. Maksudnya ketika kamu sudah meninggalkan iklan yang kamu kunjungi, iklan tersebut masih bisa muncul di perangkatmu untuk menarik perhatianmu kembali.
Mobile Marketing
Mobile marketing adalah teknik pemasaran digital yang berfokus pada pengguna perangkat seluler. Kamu tahu bahwa sudah banyak orang yang pasti menggunakan perangkat seluler di sekitarmu. Bahkan menurut penelitian GWI Device Report menyebutkan bahwa lebih dari 80 persen sudah menggunakan internet di dunia ini. Pemasaran mobile marketing bisa menggunakan SMS, MMS, Aplikasi seluler dan situs web.
Itulah tadi 7 teknik lengkap belajar digital marketing. Mudah bukan? Kamu mau menjadi seorang digital marketer yang handal ? Kamu bisa mendapat informasi lainnya dengan bergabung di grup Dapapedia