Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Administrasi Suatu Fenomena Sosial dan Pengertian Bisnis


Manusia Makhluk Sosial

Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendirian, manusia selalu memerlukan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya $($kebutuhan : fisik/materi, sosial, psikologis, maupun kebutuhan rohani$)$. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan agar dapat hidup layak, manusia harus melakukan kerja sama dengan orang lain.

Kerjasama adalah segala rangkaian kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh sekelompok orang secara teratur, terarah , saling bantu membantu dan saling isi mengisi setiap kekurangan dari masing-masing anggota kelompok untuk mencapai tujuan atau untuk memenuhi suatu kebutuhan.

Latar Belakang Administrasi

Dalam sejarah kehidupan manusia semenjak timbulnya peradapan manusia selalu terjadi kelompok dan bekerja sama. Menurut Herbert A. Simon $($ dalam Silalahi, 1992 : 8 $)$, apabila dua orang yang bekerja sama untuk menggulingkan atau memindahkan batu yang tidak dapat digulingkan hanya oleh satu orang di antara mereka, maka dalam kegiatan tersebut terdapat proses administrasi. Kerjasama tersebut secara teratur, terarah, saling membantu, dan berdasarkan pembagian tugas yang rasional.

Pengertian Administrasi

menurut ahli : 

  • Ensiklopedi Indonesia 1980 : Proses pelaksanaan tindakan kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  • Herbert A. Simon, 1956 : Administrasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dari kelompok orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Sondang P Siagian, 1980 : Administrasi adalah seluruh proses pelaksanaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerjasama demi tercapainya tujuan yang ditentukan sebelumnya.
Kesimpulannya, Administrasi sebagai suatu fenomena sosial adalah sekolompok manusia yang berkerjasama untuk tujuan bersama yang ingin dicapai.

Administrasi Suatu Proses

A. Sarana-sarana administrasi : 
  • Organisasi : sebagai sarana administrator didalam mengatur tata hubungan ikatan antara unsur-unsur administrasi agar terjalin kerjasama tim.
  • Manajemen : sebagai sarana administrator didalam menggerakkan dan mengendalikan unsur-unsur administrasi terutama unsur manusia.
  • Tata Usaha : sebagai sarana administrator didalam menjaga jalinan hubungan dan jejak kegiatan usaha didalam menuju arah pencapaian tujuan.
B. Prinsip-prinsip administrasi
  1. Pembagian kerja / spesialisasi
  2. Ada kewenangan dan kekuasaan $($untuk ditaati$)$ Tanggung jawab sebagai konsekuensinya
  3. Ketaatan menjalankan peraturan /konvensi
  4. Kesatuan arah gerak
  5. Kesatuan pimpinan / komando
  6. Kepentingan umum organisasi harus didahulukan daripada kepentingan pribadi
  7. Penghargaan yg setimpal dengan jasa
  8. Garis lini berjenjang dri ucuk pimpinan s/d pegawai terendah
  9. Ada pusat organisasi
  10. Ketertiban $($orang, barang, peralatan dsb, pada tempatnya$)$
  11. Kewajaran $($bukan keadilan$)$ karena manajer bukab hakim
  12. Mutasi perlu tetapi tidak terlalu cepat
  13. Insenstif dan motivasi kepada bawahan
  14. Kerukunan didalam personil
C. Fungsi-fungsi administrasi
  • Perencanaan
  • Penyusunan
  • Koordinasi
  • Laporan
  • Penyusunan anggaran
  • penempatan dan pengarahan atau bimbingan

Mengapa Orang Mempelajari Bisnis

  1. Untuk mengefektifkan karier. Karena seluruh kehidupan perlu administrasi $($setiap kegiatan dilakukan berdasarkan konsep tata laksana dasar bisnis$)$.
  2. Dapat meningkatkan kemampuan dalam mengambil dan melaksanakan keputusan berbagai masalah.
WALTER BAGEHOT $($dikutip dari Horn dalam buku Introduction To Business$)$ “Bisnis benar-benar lebih mengasyikkan daripada kesenangan. Bisnis menarik seluruh pikiran dansifat seseorang semakin dalam dan semakin kontinu. Tetapi bisnis tidak nampak seperti itu”

Pengetian Bisnis

  1. Asal kata $($Inggris → Busy = sibuk → suatu keadaan kesibukan$)$
  2. Definisi : Bisnis adalah keseluruhan aktivitas yg teratur dan kontinu berupa pengadaan barang-barang dan atau jasa untuk dijual atau disewa gunakan dengan maksud memperoleh pendapatan berupa laba.
Unsur-unsurnya adalah :
  • Kontinu $($diselenggarakan secara terus menerus$)$
  • Pengadaaan barang dan atau jasa
  • Distribusi $($jual / sewa$)$
  • Keuntungan $($laba$)$
Motivasi Bisnis
  • Laba
  • Sosial
  • Kepuasan Batin
  • Lainnya

Ruang Lingkup Studi Bisnis

Perusahaan Sebagai Unit Bisnis. Sebenarnya tidak ada definisi yg tepat, tetapi orang-orang biasa menerapkan istilah pada beberapa kegiatan berikut :
  • Perusahaan $($terutama dijlankan disini$)$
  • Jasa Konsultan $($akuntan, hukum,penelitian dsb$)$
  • Makelar, kongsi dsb
  • Penyimpanan
  • Perwakilan-perwakilan $($pemerintah untuk produksi/perusda$)$, dsb
Perusahaan adalah unit bisnis terbesar.
$($paling banyak dilakukan$)$ Melihat perusahaan hendaknya dipisahkan dengan
aspek pemilikan, karena perusahaan merupakan kesatuan berbagai aktivitas dapat mulai dari membeli-proses-sampaimenjual, menagih dsb.

Hubungan perusahaan dan perekonomian $($saling menunjang$)$. Sifat dasar perusahaan adalah memenuhi kebutuhan masyarakat $($ekonomi suatu negara menjadi maju karena bisnis, demikian sebaliknya$)$. Perusahaan dapat memiliki jangkauan wilayah usaha yang > = < dengan wilayah negara.


About the Author

Suka menulis dan suka kamu

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.